Gentle Notes

first post on bear

Udah lama banget merhatiin Bear sebagai platform blogging, tapi baru sekarang benar-benar mencoba. Karena kemarin belum tahu buat apa platformnya. Bikin akun tapi nggak diisi, rasanya sayang.

So here's the thing. Awalnya aku pengen mengurangi media sosial. Media sosial yang paling sering aku pake itu Twitter. Bukannya Twitter (X) jelek, tapi ya aku merasa udah sering ingin mengurangi tapi terjun lagi dan terjun lagi.

In same ways, I miss writing, too. Pengen nulis yang banyak. Jadi, aku logout dari media sosial dan mencoba bikin microblog di blogspot--service yang aku gunakan buat blog utama. Maksudnya, ya supaya tendensi nulis di Twitter itu bisa tetap dirasakan, tapi di blog sendiri.

Tampilannya seperti ini:

screenshot

efek nggak ada timeline

Kalau dilihat dari pandangan blogging begini, jadi berasa banget aku sering muntah-muntahin kata di twitter, padahal sebenernya nggak penting-penting amat. putting this as a post really gave me a new perspective lol...

not that its a bad thing but i want to focus more into longform writing and creating. at least when i write micro blog gini, gak ada pancingan dari timeline yang bikin kita nongol lagi nongol lagi.

ternyata saya tuh sering otomatis buka twitter mindlessly. logged out today and found myself typing twitter too fast and then stopped when the screen showed log-in screen instead of the actual timeline.

so i intended to post there as a social media replacement. hope it'd help this automatic thoughtless way of thinking.

Kemudian, muncul penyadaran baru:

tanpa timeline, aku juga jadi nggak pengen nulis pendek-pendek, semerta-merta, sewaktu-waktu.

That's the magic! Aku jadi merasa nggak butuh-butuh amat fungsi microblog itu sendiri, karena ketika nulis yang pendek, mikirnya "lebih baik diolah lagi supaya lebih layak". Ketika melihat potongan ide, mikirnya "lebih baik digabungkan lagi sama yang lain".

Memang, itu juga karena aku fokus pada tujuan utamaku--pengen lebih banyak nulis, lebih banyak berpikir panjang daripada pikiran-pikiran sekejap yang dipengaruhi timeline atau for you page. Berpikir sendiri di satu tempat yang sepi berdasarkan apa yang sudah dibaca.

So yeah. Blogger mendadak jadi terlalu "berat". Memiliki bearblog jadi terasa doable, karena Bearblog sangat ringan dan bisa pake markdown. Emang sih tampilannya sedikit beda dari website, tapi bisa dimodifikasi supaya nggak jauh-jauh amat.

Also, it doesn't have comment section! Jadi emang tujuannya nulis. Nggak usah mikir komen available atau enggak. Untuk ngobrol di komen, sudah ada blog utamaku yang memang tujuannya menulis untuk berbagi.

Di tempat ini, aku menulis sendirian, tapi nggak kesepian. I put the links in my main website just in case. Nggak seramai home timeline yang seperti pasar, tapi juga nggak jauh dari orang-orang. Kalau nggak ada yang menemukan, nggak apa. Kalau ada yang menemukan, bagus juga.

plus, kalau memang nantinya mau nulis pendek-pendek, di sini juga bisa tanpa harus merasa overwhelmed!

rules for writing here

Mari memulai,

Mega

#blogging #journal #website